Aturan dan Etika Bagi Pelaku Spearfishing (Bagian 1)

WARNING!!! Spearfishing adalah aktifitas berbahaya, bekali diri dengan ilmu yang cukup sebelum memulainya. Belajarlah dari teman yang lebih berpengalaman! tapi kami lebih menyarankan untuk memilih kursus yang resmi

Semakin hari jumlah spearo semakin bertambah sehingga penting untuk kita bagikan informasi mengenai keselamatan spearo, teman yang menjadi buddy, dan alam. Tulisan ini berdasarkan pengalaman dan informasi dari teman-teman, baik yang berupa video, tulisan, maupun diskusi lewat forum. Mungkin akan muncul pro dan kontra setelah membaca tulisan ini, tapi teman-teman bisa berdiskusi di kolom komentar dengan cara yang santun. Baiklah, mari kita mulai dengan Bismillah...

1. Aturan Spearfishing
Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan aktifitas spearfishing. Hal apa saja itu? cekidot!!!

  • Persiapan Sebelum Menyelam
    Pastikan badan dalam keadaan fit, jangan begadang, dan makan makanan yang sehat sejak beberapa hari sebelum melakukan spearfishing. Pada hari H, sebelum menyelam sebaiknya tidak banyak makan dan berhenti makan 2 jam sebelum menyelam.
    Cek semua perlengkapan terutama perlengkapan keselamatan (safety equipment) seperti
    pelampung (buoy), pisau, dll
    Pemberat harus disesuaikan dan tidak berlebihan

  • Ketika Akan Menyelam
    Persiapkan air mineral yang nantinya kita butuhkan untuk minum saat lelah di laut.
    Jangan load speargun di darat ataupun di atas boat, karena dapat membahayakan diri dan orang sekitar. Beberapa kasus kita lihat di social media, misalnya video korban yang wajahnya dihantam speargun karena recoil saat menembak, ada juga saat salah cara menarik rubber.
    Jika menyelam dari pesisir, perhatikan dan jangan lupa posisi entry & exit yang aman, apakah harus melewati karang dangkal atau ombak? jika iya, pastikan kamu paham hitungan besar kecil ombaknya.
    Hal lain yang perlu diperhatikan jika kamu turun dari pesisir adalah :
    - Lokasi/area hunting dengan arah musim angin (angin barat dan angin timur)
    - pasang surut air
    - penanggalan gerak/arus air besar atau kecil  (kecuali area yg didalam teluk)
    - kondisi cuaca,(hujan mempengaruhi visibility air khusus area yg banyak muaranya)
    Semua bisa di cek melalui aplikasi seperti navionic, windy, nautide, bmkg.go.id, dll

Saat Menyelam
Never Dive Alone!!! 
Jangan menyelam sendirian!!! Hal ini juga berlaku di kkegiatan spearfishing. Ajaklah teman (buddy) dan ajarkan dia untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu aktifitas spearo (misalnya tindakan yang dapat membuat ikan terkejut lalu kabur).
Safety buddy system sangat penting terutama untuk area hunting yg ekstrim yang memiliki arus kencang atau area nyelam yang dalam.
One Up, One Down. Jangan menyelam berbarengan sekaligus! Saat teman menyelam, kita mengawasinya dari atas, begitupula sebaliknya. Selalu siap siaga untuk menolong ketika teman membutuhkan pertolongan.

Jangan arahkan speargun sembarangan!!!
Jangan arahkan speargun ke Buddy!!! selalu awasi keadaan sekitar!!! Biasakan untuk selalu mengarahkan speargun ke bawah, tapi saat ada teman yang menyelam, arahkan ke tempat lain.
Jangan merusak lingkungan!!! Jadilah spearo yang baik, peduli alam, tidak buang sampah sembarangan! Serta tidak memburu biota laut yang dilindungi
  • Selesai Menyelam
    Pastikan speargun sudah dalam keadaan tidak terloading (unloaded) saat diserahkan ke teman diatas boat atau ketika meletakkannya di boat. Jika anda berenang dari pantai, unload speargun sebelum naik ke daratan.

    Jangan lupa pengecekan berkala untuk speargun spare part yang memiliki masa pakai seperti rubber, tali wisbone, karet bungee, dll. Termasuk service gamet atau mekanik speargun
    Untuk pembelian sparepart, bisa kunjungi lapak Aldebaranos.com. Sedangkan untuk servis mekanik bisa menghubungi tim mekanik Smoker Aceh Spearfishing  
Tambahan Alat bantu lainnya:
Flasher untuk memancing perhatian si ikan target
Sebaiknya digunakan pada kondisi air yg jernih
Bisa di pasangkan ke body speargun,,di depan ato blakang


(Bersambung ke Bagian 2 .......)

2 komentar untuk "Aturan dan Etika Bagi Pelaku Spearfishing (Bagian 1)"

  1. Saya setuju dengan apa yg saya baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih untuk dukungannya. ^_^ jika suka, bisa bagikan ke teman2 yang lainnya

      Hapus