Network Manager Hilang dari panel

Kejadian berawal dari instalasi distro linux NST (Network Security Toolkit), distro turunan dari linux Fedora yang dirancang khusus untuk keamanan jaringan.
Instalasi berjalan tanpa hambatan. Hambatan muncul ketika proses update yang membutuhkan koneksi internet. Apa yang menjadi hambatannya???


Network managerku hilang.....Panik??? tentu tidak, aq mencoba berbagai cara untuk memunculkan network manager. Mulai dari menambah notification area di panel, yang hasilnya NIHIL. Sampai mencoba tuk install WICD yang juga berakhir dengan error....Panik???? belum 100%. Akhirnya kuputuskan untuk pergi ke hotspot taman sari yang tidak menggunakan password untuk wifinya.


$ su
: isipassword
# iwlist wlan0 scan <= perintah untuk scanning tuk cari nama essid
# iwconfig wlan0 essid "nama essid hasil scan"
# dhclient wlan0  <= minta ip


Akhirnya bisa dapatkan koneksi.....senang???? belum. gimana caranya koneksi ke hotspot yang pake key???blom tau perintahnya (silahkan googling aja).

Setelah dapat koneksi, langsung mulai update dan upgrade serta mengintall aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan. Aku juga mencoba tuk menginstall wicd berkali-kali, tetapi nihil.

Selesai upgrade, aq memutuskan tuk pergi ke warkop transIT lamnyong (siapa tau ada bantuan). Benar saja, bantuan memang menunggu disana. melalui tangan bang Muhammad Iqbal Patra (senior di KPLI Aceh) dengan beberapa perintah yang simpel, Network Manager kembali bisa ditampilkan......Senang??? iya, senang banget........tapi MALU juga iya, karena tidak tau perintah dasar yang simpel tadi.....apa perintahnya???



$su -
: isipassword
#NetworkManager

alhamdulillah panelnya gk ilang lagi.....tapi kalo masi ilang panelnya

# chkconfig NetworkManager on

(pengalaman : user Copas)

Posting Komentar untuk "Network Manager Hilang dari panel"