Bagaimana Cara Menjaga Dan Mempertahankan Komunitas

 

Kini postingan asli telah kami hapus

Komunitas adalah suatu kelompok sosial di suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa individu yang saling berinteraksi di lingkungan tertentu dan umumnya memiliki suatu ketertarikan dan habitat yang sama.

Untuk menjaga keutuhannya, komunitas haruslah memiliki tujuan yang jelas dan selalu mengadakan kegiatan serta menjaga komunikasi antar anggota. Beberapa hal yang saya tuliskan dibawah ini adalah hasil dari pemikiran pribadi dan pengalaman yang saya alami sejak aktif, pasif, hingga keluar dari beberapa komunitas. Tulisan ini bisa saja benar tapi bisa juga salah, kalo teman-teman menemukan hal yang salah, boleh kita diskusikan (Correct me if i'm wrong).

Berikut adalah Hal-Hal yang dapat memperkuat komunitas

Silaturrahmi/Komunikasi

Silaturrahmi menjadi kunci penting untuk mendukung ikatan antar anggota dalam suatu komunitas. Bagus komunikasi, akan membuat kegiatan komunitas berjalan baik. Group social media seperti WA (Whatsapp) adalah salah satu media yang paling sering dimanfaatkan saat ini. Melalui WA kita bisa berkomunikasi lancar dengan teman2 komunitas. Karenanya, budayakan membelas pesan teman di WA, berikan respon terhadap ide-ide yang diberikan, Jangan cuma "READ" lalu menghilang. Pemutus silaturrahmi bukan hanya "Left Group", tapi juga bisa disebabkan oleh "Read Doank". Selain komunikasi dunia maya, perlu juga tatap muka yang bisa diwujudkan dengan agenda ngopi bareng (bisa seminggu sekali, atau sebulan sekali. Yang jangan, gak pernah ngopi bareng sama sekali).

Anggota Harus Aktif

Setiap anggota komunitas harus berperan aktif dalam membangun, mengembangkan, dan membuat komunitas Maju. Jangan Cuma membaca postingan/ide teman-teman, tapi juga harus berusaha untuk menanggapi dan memberikan ide dari kita juga. Ide-ide yang diberikan bisa berupa saran untuk mengadakan kegiatan, informasi dari komunitas lainnya yang bisa kita duplikasi (mengadakan acara serupa) atau ide lainnya. Dengan demikian, komunitas akan lebih solid dan jadi lebih mudah untuk digerakkan, anggota pun bisa lebih cepat bertambah dan akhirnya bisa melakukan gerakan perubahan yang memberikan banyak manfaat bagi semuanya hingga tercapainya tujuan bersama.

Saling Memberi Manfaat (Jangan Hanya Mengambil Manfaat)

Semua orang yang bergabung ke suatu komunitas mengharapkan suatu manfaat dari komunitas. Sedikit sekali orang yang berniat memberikan manfaat kepada komunitas. Jangan hanya "memanfaatkan" komunitas untuk kepentingan pribadi. Setelah "take" jangan lupa "give" karena "The more You give, the more you get".

Pikirkan juga Manfaat Social & Environmental

 

Komunitas yang bermanfaat bagi orang banyak dan lingkungan sekitar adalah yang sangat dibutuhkan saat ini karena masi banyak sekali orang Indonesia yang tidak peduli dengan hal itu. Dari komunitas diharapkan bisa menjadi pendukung dan penggerak agar kita semua menjadi warga yang lebih baik dan memiliki kebiasaan yang lebih baik.

Biasanya Akan Lebih Baik Kalo Ada Perputaran Ekonomi

Perputaran ekonomi dari sebuah komunitas bukanlah sebuah keharusan. Tapi berdasarkan pengalaman pribadi, komunitas yang saling menguntungkan secara ekonomi bisa lebih membuat anggotanya saling peduli. Syaratnya, perputaran ekonominya harus bersih, jujur, dan adil. Tidak ada yang "makan kawan" dalam melakukan transaksi.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menjaga Dan Mempertahankan Komunitas"