Tips Kelola Keuangan Saat Berobat Di Penang

 

Berobat ke Penang Malaysia sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia terutama Aceh. Apapun yang menjadi alasan berobat disana, hal itu tidak akan saya tuliskan disini (kawan-kawan bisa membacanya di berbagai tulisan di google alasan berobat penang). Dalam tulisan ini saya hanya akan membagikan sedikit tips mengelola keuangan dan menggunakan bank di malaysia dan mendapatkan kurs yang relatif lebih rendah dibandingkan menukarkan uang cash. Tulisan ini juga bertujuan Agar Teman-teman tidak membawa Cash terlalu banyak untuk ditukarkan di Malaysia. 

Untuk pasien dari provinsi selain Aceh, lebih mudah dalam memilih Bank Konvensional. Sedangkan pasien dari Aceh, saya menyarankan untuk membuka rekening di Maybank Syariah (Rekening tidak menggunakan buku. Melainkan Applikasi di HP dan mendapatkan kartu ATM). Karena dengan Bank ini saya mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi tarik tunai di ATM Maybank di Penang dan saat melakukan pembayaran menggunakan EDC (gesek kartu) di Hospital Lam Wah Ee (https://hlwe.com). Tips ini mungkin juga bisa digunakan di rumah sakit terdekat lainnya. Bagi yang punya pengalaman lainnya, mari berbagi di kolom komentar.

Berikut adalah Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan dan info-info yang anda butuhkan:

  1. Tiga pekan Sebelum berangkat ke Penang, Buka rekening M2U Maybank lewat app atau di Kantor Maybank di Banda Aceh. Bawa smartphone yang terinstall App M2U ID (Lokasi Bank)
  2. Minta tolong costumer service untuk mengaktifkan Kartu ATM agar bisa bertransaksi di luar negri. Biasanya mereka juga akan menjelaskan berbagai hal.
  3. Batas penarikan harian adalah IDR10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) atau sekitar RM3000an sekali tarik tunai. Dengan biaya Rp 26.000,- (Dua Puluh Enam Ribu Rupiah) per transaksi di semua mesin ATM Mastercard®
  4. Batas transaksi EDC(Gesek) menggunakan PIN adalah IDR30.000.000,- (Tiga Puluh Juta Rupiah). Transaksi ini tidak dikenakan biaya.
  5. Nilai tukar akan lebih hemat jika pilihan transaksinya adalah mata uang lokal (Tanpa konversi). Transaksi dengan pilihan Konversi Kurs nilai tukarnya lebih "boros".
Kurs Konversi 3400an (lebih boros)


Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan keluarga yang sakit, segera diberikan kesembuhan. 
Dalam rasa sakit yang diderita hamba, ada dosa-dosa yang diampunkan olehNYA.

Sebagian orang menggunakan jasa agen berobat ke penang seperti berobat ke penang com. Tapi pengalaman yang saya alami ini adalah dari hasil baca-baca dan pelajari sendiri sebelum mulai perjalanan ke Pulau Pinang.

Ringgit Malaysia (RM)


Posting Komentar untuk "Tips Kelola Keuangan Saat Berobat Di Penang"