Cuma Kaos Kaki Aja, Kok Pajak Importnya Mencapai 100ribu Lebih?

 Menjadi Google Local Guide Contributor adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan menambahkan rating tentang suatu tempat dan memberikan ulasan tentang tempat itu, pengguna google map akan sangat terbantu ketika hendak mengunjungi suatu tempat. Baik itu tempat hiburan, rumah makan, cafe, dan lainnya. Tidak jarang ulasan yang diberikan bisa berupa saran bagi pemilik tempat juga berupa tips dan trik bagi pengunjung tempat tersebut. Selain bisa membantu pengguna google map dalam mendapatkan review suatu tempat, contributor juga mendapatkan berbagai apresiasi kecil dari google seperti voucher belanja di marketplace, kupon nginap di hotel, merchandise google, dan lainnya. Saat menerima kiriman merchandise dari google, sebagian teman-teman dikenakan biaya-biaya yang kadang bisa mencapai 100an ribu lebih hanya untuk sebuah kaos kaki.

Pada kesempatan kali ini, saya akan coba tuliskan beberapa solusi dari masalah kepabeanan itu.
Sebelumnya, teman-teman bole membaca ketentuan baru disini Barang impor dengan nilai (FOB) diatas $3 s.d $1500  Pentarifan Bea Masuk &PDRI untuk barang tertentu sperti Tas, Sepatu, dan Produk Tekstil yang melebihi threshold USD 3 masing-masing dikenakan besaran BM 15%-20%, 25%-30%, dan 15%-25% dengan tambahan PPN 10%  Pajak Penghasilan (PPh) sebesar 7.5%-10% ( sesuai Harmonized System)

Jadi, saat diminta untuk membayar, sebelum mengambil paket dan melakukan pembayaran Bea Cukai ke pihak POS, kalian boleh meminta untuk menjumpai pihak Bea Cukai di kantor POS, atau langsung ke Kantor Bea Cukai dikotamu dengan membawa dokumen kiriman (Catat nomor resi yang tertera di paket) 

Perkenalkan diri dan tanyakan beberapa hal berikut ke pihak bea cukai :
Assalamualaikum pak/bu, saya dengan nama ....... ingin menanyakan beberapa hal tentang paket dengan nomor resi .............

Pertanyaannya :

  1. Dasar penentuan FOB pajaknya dari mana?
  2. Adakah bukti pembayaran yang disertakan Google didalam paket yang menunjukkan nilai/harga paket? Saya mau ditunjukkan kalo ada, karena saya tidak merasa membayar satu persen pun untuk mendapatkan hadiah ini. (Kalau petugas tidak bisa menunjukkan dasar penentuan nilai FOB, berarti telah terjadi pemalsuan atau manipulasi data yang merugikan kamu. Silahkan bertanya lebih lanjut kalo mau berurusan lebih lama dengan mereka. atau langsung lanjut ke pertanyaan selanjutnya)
  3. Kaos kaki ini adalah hadiah dari Google, FOB untuk hadiah harusnya $0, atau bisa samakan dengan harga kaos kaki dengan bahan yang sama di pasaran indonesia yang kisaran 10rb hingga 35rb. Dengan harga segitu, harusnya kan masi dibawah $3? setiap kiriman dibawah $3 maka bebas pungutan bea cukai.
Bukti tidak jelasnya pelaksanaan aturan ini adalah di tiap daerah berbeda jumlah pungutannya. Ada daerah yang tidak dipungut sepersenpun, ada yang dipungut 100rb lebih. Tanya kenapa?
Jika kamu menang maka kamu hanya perlu membayar bea pelalubeaan kepada POS yang berjumlah sekitar 5rb hingga 20rb (Pungutan ini juga sebenarnya gak jelas, tapi karena uda ada dalam aturan, yasudahlah, Bayar aja!)

###Update:
BTW di beberapa foto teman-teman ada tertulis GBP10 yang mana nilainya kurang lebih USD14, tapi ada centang "gift" di paket kirimannya, Hal ini bisa tetap dipertanyakan kenapa ada perbedaan nilai pajak importnya antara satu kota dengan kota lainnya.

Akan saya upload foto pengalaman dari teman2, setelah saya mendapatkan izin.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cuma Kaos Kaki Aja, Kok Pajak Importnya Mencapai 100ribu Lebih?"

  1. mantap tulisannya .
    noted: saya gratis bang kota garut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bang. Izin pake foto kaos kaki n resi pengirimannya bole bg?

      Hapus