[How to] Membuat flashdisk multiboot OS

Kebutuhan untuk instalasi multi sistem dalam sebuah PC atau laptop kadang membuat teknisi harus menyediakan beberapa bootable flashdik untuk mendukung proses instalasi. Padahal dengan Aplikasi YUMI (Your Universal Multiboot Installer), cukup dengan satu flashdisk sudah bisa menjalankan beberapa bootable atau live OS yang bisa digunakan sebagai alat tempur sang teknisi. Multi linux, Multi windows, linux windows, bisa copykan kedalam satu flashdisk saja.

Aplikasinya bisa didownload di pendrivelinux.com dan ada 2 pilihan aplikasi yumi yang tersedia, BIOS Legacy  untuk MBR atau UEFI+BIOS untuk GPT UEFI (penjelasan tentang ini dan perbedaan keduanya sudah banyak tersedia di internet, silahkan baca-baca aja), caranya sama aja tapi pilih sesuai settingan MBR legacy atau GPT UEFI. Kebetulan saya sudah menggunakan partisi GPT maka tutorial yang saya tuliskan adalah YUMI UEFI+BIOS

Persiapan Awal :

  1. Sebuah flashdisk berukuran 16gb untuk 3 OS
  2. Format flashdisk dengan format FAT32
  3. Download YUMI dari link diatas
  4. Dowload semua file ISO dari OS yang ingin di install (Contoh yang saya gunakan adalah Kali Linux & Kodachi, kebetulan itu yang tersedia di laptop)
  5. Mulai Instalasi
Letakkan file yumi dan semua file iso dalam satu folder atau biarkan saja di folder download.

  1. Tancapkan flashdisk ke port USB
  2. Buka aplikasi YUMI


  3. Klik "Agree" lalu next
  4. Bagian step 1, pilih lokasi flashdisk, Step 2 pilis OS yang ingin di install (saya memilih kali), step 3 klik browse untuk mencari file ISO nya (pilih ISO kali linux)
  5. Tap create, lalu keluar Warning tentang proses yang akan dilakukan oleh aplikasi. Lansung OK saja


  6. Proses instalasi
  7. Setelah proses instalasi selesai, akan muncul pop up "Apakah ingin menambah OS lain?". Jawab iya jika ingin menambahkan os lainnya.

  8. Ulangi dari langkah no 4. Jika sudah selesai, maka Multiboot sudah bisa digunakan.
Restart laptop, pilih boot fdd atau flaskdisk lewat BIOS. maka akan muncul gambar seperti ini :
Di linux distribution terpasang Ubuntu



Di Sistem Tools terpasang Kali Linux

Sekian dulu tutorial dari saya. Jika ada pertanyaan, bisa langsung tulis di komentar.

Note : Beberapa linux tidak bisa diinstall menggunakan aplikasi YUMI. Saya pernah coba Kali Installer, tapi malah gagal booting. 
Kali installer kami sarankan untuk diinstal menggunakan aplikasi Rufus atau DD (lewat terminal linux) tapi metode ini tidak bisa multi boot.

Posting Komentar untuk "[How to] Membuat flashdisk multiboot OS"