Pantai Ladong Yang Mulai Sepi Dari Ikan

Spearfishing Today, June 27 2021 Pantai Ladong

Ladong merupakan spot favorit saya untuk melakukan olahraga spearfishing. Selain tempatnya yang tidak jauh lokasi ini juga memiliki kekayaan ikan, lobster, sotong, dan gurita yang cukup banyak. Tapi ini cerita sebelum Bulan Ramadhan 2021. Semenjak setelah Ramadhan, saya baru dua kali melakukan spearfishing disini dan mendapati lautan yang sepi seperti area mati yang tidak berpenghuni.

Setelah spearfishing, saya sempat bertanya kepada penduduk setempat tentang kejadian ini. Bapak A menyebutkan bahwa ada penyelam malam yang menggunakan boat yang merapat ke perairan ini beberapa malam, kemungkinan mereka menggunakan alat tangkap ilegal berupa racun. Saya juga menduga demikian, tapi saya tidak bisa membuktikannya karena belum mengerti bagaimana tanda-tanda karang yang sudah terkena racun.

BTW ini area perburuan saya dan Bang Jhonny saat itu

Perkiraan Rute Yang Kami Lalui

Dan ini yang Bang Jhonny dapatkan:

Sedangkan saya tidak mendapatkan apa-apa alias ZONK. Hehehe. Kecewa? Untuk hasilnya saya tidak kecewa karena tujuan utama adalah olahraga dan hasil buruan adalah bonus yang bisa saya bawa pulang. Tapi saya kecewa jika benar adanya kejadian penangkapan hewan laut dengan cara yang ilegal, karena hal itu dapat merusak ekosistem yang dapat merugikan alam dan manusia. Semoga kita menjadi khalifah yang senantiasa menjaga alam yang terlah dititipkan oleh-NYA.

Gear yang saya gunakan

Pengalaman seperti ini sebelumnya saya tuliskan di akun steemit https://steemit.com/@amirdayyan. Tapi karena steemit jarang dikunjungi, akhirnya saya memutuskan menuliskan di blog ini semua pengalaman yang saya alami. Semoga tulisan-tilisan disini menghibur, menambah wawasan, dan bermanfaat bagi teman-teman. 
Silahkan tuliskan respon dan pertanyaan-pertanyaan di kolom komentar, boleh share jika kalian suka.
Toko Spearfishing : https://www.aldebaranos.com/

2 komentar untuk "Pantai Ladong Yang Mulai Sepi Dari Ikan"

  1. wah menyenangkan ya, jadi mau coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari mencoba!!!
      jangan lupa baca kisah menarik lainnya di www.meugapers.my.id

      Hapus