ATM Setor Tunai BSI Error. Setor 5,6 Juta Gak Masuk Ke Rekening

Kantor Bank Syariah Indonesia (BSI) Regional Aceh. (Foto: m.reader)

Pengalaman Terburuk Selama Menggunakan Bank BSI

 Assalamualaikum teman-teman. Saya akan menceritakan hal yang tidak menyenangkan saat menggunakan Bank BSI. Tulisan ini bukan bertujuan untuk menjatuhkan tapi sebagai pengalaman agar teman-teman bisa dapatkan pelajaran dan mudah-mudahan hal ini tidak terjadi pada rekening teman-teman.

Kejadian berawal di tanggal 18 Mei 2022, Saya melakukan setoran tunai ke ATM Bank Syariah Indonesia di KC Aceh Diponegoro (Bank BSI dekat Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh). Uang yang saya setorkan adalah sejumlah Rp5.600.000,- (Lima Juta Enam Ratus Ribu Rupiah). Uangnya ditelan (diterima) oleh mesin, keluar bukti setoran, tapi tidak bisa cek saldo rekening. 

Resi Tanda Transaksi Diproses
(Pastikan Cek Saldo)
Resi Tanda Uang Masuk Rekening
(Tetap Cek Saldo)

Tangal 19 Mei 2022, setelah 24 jam saya menunggu, akhirnya saya coba cek saldo rekening di ATM Bank BSI T Nyak Makam (Lokasi terdekat saat itu), tapi saldo di rekening belum juga nambah, akhirnya saya putuskan untuk menemui CS BSI setempat. CS membuat surat pengaduan ke BSI pusat dengan melampirkan resi transaksi sebagai bukti tambahan. CS tersebut mengatakan bahwa uang akan masuk ke rekening maksimal 14 hari kerja. Dan hal ini sangat-sangat tidak professional serta sangat merugikan nasabah. Bagaimana kalu uang itu adalah uang Iuran Kuliah? Bagaimana kalo uang itu adalah satu-satunya alat bayar hutang yang jatuh tempo? Sekedar informasi bagi teman-teman, hal ini bukanlah yang pertama kali saya alami. Saya juga pernah tarik tunai pada tanggal 1 Desember 2021sebesar Rp300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah), Saldonya kepotong, uangnya tidak keluar.

Antrian BSI T Nyak Makam


Email Konfirmasi

20 Mei 2022, Saya Hubungi admin Twitter BSI @bankbsi_id meminta bantuan untuk percepat proses tuk menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi, Admin meminta untuk mengisi data sebagai berikut :

- Nama lengkap : 

- Nomor rekening : 

- Tempat dan Tanggal Lahir : 

- E-Mail : 

- Kantor cabang pembuka : 

- Nomor Handphone : 

- Nominal Transaksi : 

- Tanggal Transaksi : 

- Nomor tiket pengaduan : 

Update 27 Mei 2022
Alhamdulillah uang sudah kembali ke rekening saya sesuai janji admin twitter BSI yaitu 5 hari kerja terhitung sejak hari ketika laporan mereka terima.

==========================================================

Saran dan masukan untuk BSI, Percepat kinerja dan persingkat waktu untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi (apalagi masalahnya disebabkan oleh mesin kalian). Waktu tunggu maksimal 14 hari kerja adalah  waktu yang sangat lama.

YANG TERPENTING Saran bagi nasabah

  1. Jika mengalami hal yang sama seperti saya, (resi yang keluar hanya menuliskan nominal setoran tanpa menuliskan saldo), Segera cek saldo anda kalo masi error juga, segera masuk ke Bank BSI dan Jumpai CS untuk membuat laporan. Jangan tunggu besok! (kecuali error diluar hari kerja). 
  2. Laporan juga bisa dilakukan lewat chat admin twitter BSI, atau chat whatsapp (Aisyah). PASTIKAN chat ke akun resmi, jangan sampai jadi korban penipuan.
  3. Jangan Posting ke tweet BSI atau ke postingan instagram BSI! Jika anda lakukan, kemungkinan anda akan jadi incaran penipu online (Pengalaman pribadi, pernah hampir ditipu setelah komentari salah satu postingan IG resmi BSI)

Tambahan:
Nasib yang menimpa kawan (Nasabah BSI lainnya)
Chat 1 Desember 2021
Chat 19 Mei 2022

22 Mei 2022, Malam ini saya juga mendapat informasi dari teman lainnya yang mengalami kejadian yang sama dengan saya. Nominal uangnya yang ditelan mesin setor tunai BSI adalah Rp 4.100.000,- (Empat Juta Seratus Ribu Rupiah) dan uangnya baru kembali ke rekeningnya setelah 3 Bulan. Tapi yang bersangkutan tidak mengizinkan memposting kronologi kejadian yang dialaminya karena masalahnya sudah selesai. Saya tidak berhasil membujuknya untuk membagikan pengalaman agar yang lain bisa mengambil pelajaran.

Semoga teman-teman mendapatkan informasi dan pelajaran dari pengalaman saya. dan jika hendak melihat-lihat produk di lapak saya, silahkan mengunjungi aldebaranos.com dan jika tertarik dengan dunia laut, freedive, peduli lingkungan, boleh mampir di komunitas kami

2 komentar untuk "ATM Setor Tunai BSI Error. Setor 5,6 Juta Gak Masuk Ke Rekening"

  1. Pengalaman yang sangat berharga. Terima kasih telah berbagi. Makanya saya tidak tertarik jadi nasabah yang kelas2 gini. Cukup bank yang merakyat dan ngndeso saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Smoga menjadi pelajaran bagi teman-teman yang menggunakan BSI

      Hapus